Harmonika terbuat dari 3d printing


BlowsMeAway Productions adalah spesialis harmonika di Amerika yang juga telah mengembangkan alat musik mikrofon harmonika (harmonica microphone). Mereka mengembangkan alat musik tersebut dengan cara mendesain dan mencetak 3D mikrofon harmonikanya. Hal ini menunjukkan bahwa retro dan modern ada pada saat yang bersamaan. Mikrofon harmonika yang dicetak 3D tersebut masuk ke dalam koleksi RackIt!. RackIt! itu sendiri sengaja dibangun oleh BlowsMeAway Productions untuk menjadi wadah para pencari alat musik harmonika. Mikrofon harmonika tersebut merupakan alat yang berjenis handsfree dan dapat dihubungkan langsung ke adenosine monophosphate (amp). Mikrofon harmonika ini sejenis alat yang dimainkannya melalui electric amplification sehingga tidak heran jika permainannya dihubungkan ke amp.



BlowsMeAway Productions nampaknya ingin mengembangkan alat musik harmonika di dalam kehidupan modern. Seperti yang para musisi sudah ketahui bahwa alat musik ini sebenarnya telah cukup sering dimainkan oleh Bob Dylan dalam karya-karyanya. Bob Dylan pernah terlihat menggunakan gitar dan harmonikanya secara bersamaan ketika sedang bernyanyi. Setelah itu sepertinya banyak para musisi melakukan hal yang sama seperti apa yang Bob Dylan lakukan. Ia mungkin bisa dibilang menginspirasi untuk menciptakan mikrofon harmonika cetak 3D ini.


Mikrofon harmonika cetak 3D ini dapat dipasang ke sisi atau rak leher pemain. Posisi harmonika yang dipasang seperti itu memungkinkan pemain untuk memainkannya tanpa menggunakan tangan mereka. Sehingga tangan pemain dapat menggunakan alat musik yang lain seperti gitar. Biasanya musisi handal sering melakukan permainan gitar dan harmonika secara bersamaan. Dari hal ini menunjukkan sesuatu yang inovatif bahwa alat musik yang biasanya menggunakan tangan dapat dimainkan dengan cara lain yaitu handsfree. Cara ini juga bertujuan untuk memudahkan para musisi saat harus bermain musik akustik yang menggunakan dua alat musik.


Bagi anak-anak maupun orang dewasa yang ingin mempelajari 3D Design atau 3D Printing di Indonesia, silahkan kunjungi Inspira Academy.


Sumber: Benedict. (27 Februari 2018). Printin’ in the wind: 3D printed harmonica microphone produces great sound. Diakses di http://www.3ders.org/articles/20180227-printin-in-the-wind-3d-printed-harmonica-microphone-produces-great-sound.html


;