Inovasi 3D Printing di Dunia Kuliner
Wednesday, 12 June 2019 By Trie M Indrianty

3D-Printed Food? Yup, torobosan dari dunia kuliner dimana sekarang makanan juga bisa di 3D Print. Memang untuk saat ini hanya beberapa jenis makanan dengan bahan tertentu yang bisa di 3D Print, namun inovasi ini membuktikan bahwa 3D teknologi dapat dimanfaatkan di berbagai sektor.

Pada tahun 2012 3D printed food hanya fokus pada pembuatan permen dan cemilan, hingga di tahun 2014 salah satu chef di restoran yang ada di Bercelona menggunakan teknologi ini untuk memberikan experience baru kepada pengunjung restoran. Saat ini sudah ada beberapa restoran fine dining yang juga memanfaatkan 3D printing untuk mengembangkan inovasi hidangan baru mereka.

Di tahun 2016, Food Ink adalah pop-up restoran yang mengusung konsep 3D printing. Tidak hanya makanan, namun hampir semua yang ada di dalam restoran tersebut adalah hasil dari 3D printed. Mulai dari peralatan makan, meja, pajangan dan tentunya makanan yang dihidangkan merupakan hasil dari teknologi 3D printing.

Di tahun 2020, restoran dengan konsep futuristic akan hadir di Tokyo. Sushi Singularity merupakan restoran yang menyajikan makanan berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh kita. Makanan yang disajikan sepenuhnya menggunakan teknologi 3D printed.

212
Readed
shareSharing is caring

THE 1st 3D MARKETPLACE AND COMMUNITY IN INDONESIA

Follow Us

Follow us and stay in touch to get the latest news

COPYRIGHT © IMAJIN 2019. ALL RIGHT RESERVED