Manfaat Dari Teknologi 3D Printing
Friday, 21 June 2019 By Trie M Indrianty

Source Image : Google

Setiap tahunnya pengguna teknologi 3D printing terus berkembang. Selain banyaknya sosialisasi mengenai 3D printing, hal ini juga dikarenakan mulai banyak orang yang merasakan manfaat dari teknologi ini dan memiliki rencana untuk menggantikan manufaktur tradisional yang subtraktif dengan teknologi 3D printing. Dengan menggunakan teknologi 3D printing, dapat memberikan banyak manfaat baik untuk kebutuhan individu maupun bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat signifikan yang diberikan teknologi 3D printing :

  1. Produksi Lebih Cepat

Sama halnya ketika kita membandingkan kecepatan mobil dengan grobak yang menggunakan tenaga manusia. Keduanya memang akan sampai pada tujuan yang sama, namun tentunya menggunakan mobil akan jauh lebih cepat ketimbang grobak. Begitu pula dengan 3D printing, dari prototipe ke produk akhir, 3D printing dapat membuat proses menguji ide dan desain menjadi lebih cepat. Dari yang berhari-hari menjadi beberapa jam saja, sudah dapat menghasilkan prototipe produk yang sesuai dengan permintaan pasar.

  1. Mudah Diakses

Ramainya pasar yang mulai membutuhkan teknologi 3D printing, semakin banyak pula yang ingin mempelajari cara penggunaan teknologi ini. Hal ini menyebabkan semakin banyak yang mulai berinisiatif untuk memberikan training atau membuat video tutorial sosialisasi mengenai 3D printing.

  1. Efektivitas Biaya

Umumnya sebelum meluncurkan suatu produk ke pasar, produk tersebut akan dibuat prototipe dan diuji apakah produk tersebut layak atau tidak sebelum masuk proses produksi. Biaya tenaga kerja memainkan peran besar dalam menentukan jumlah uang yang akan dihabiskan dalam mengembangkan prototipe suatu produk. Dengan cara yang tradisional dibutuhkan operator dan teknisi alat berat yang berpengalaman untuk menangani produksi. Namun, dengan 3D printing, biaya untuk proses pengujian produk dapat diminimalisir, karena tidak dibutuhkan banyak tenaga kerja untuk mengoperasikan 3D printer.

  1. Desain Lebih Kreatif dan Dapat Customize Bentuk

Bosan dengan bentuk produk yang itu-itu saja? Dengan 3D printing memungkinkan untuk customize bentuk produk tanpa batas, hal tersebut juga bisa menjadi keunggulan untuk membuat produk dengan sentuhan pribadi sesuai permintaan dari pelanggan. Teknologi 3D printing memberikan kebebasan untuk terus berimajinasi dan berinovasi.

  1. Mengurangi Produksi Limbah

3D Printing hanya menggunakan bahan yang diperlukan untuk membuat produk yang dicetak, tidak lebih, tidak kurang. Selain itu, bahan hasil dari 3D printing yang sudah tidak digunakan lagi dapat di recycle. Dengan begitu, 3D printing menghasilkan limbah yang sangat sedikit, dan menghemat banyak biaya baik secara individu maupun untuk perusahaan tertentu.

Dengan 3D printing memungkinkan untuk mengubah konsep menjadi kenyataan lebih cepat dari yang diperkirakan. Produk dapat dibuat dengan cepat dan murah. Teknologi ini dapat mengubah dan mempengaruhi setiap industri, selain itu dapat mengubah cara bekerja dan kehidupan di masa depan.

Source Image : Google
646
Readed
shareSharing is caring

THE 1st 3D MARKETPLACE AND COMMUNITY IN INDONESIA

COPYRIGHT © IMAJIN 2019. ALL RIGHT RESERVED