Silikon Jadi Bahan Utama Untuk 3D Printing?
Friday, 5 July 2019 By Trie M Indrianty

Beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi 3D printing di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. 3D printing merupakan salah satu cara dalam proses pembuatan objek 3D secara modern yang memiliki ciri khas, yaitu pembentukan lapisan demi lapisan hingga membentuk objek yang sesuai dengan desain yang sudah dibuat sebelumnya.

Dalam 3D printing, jenis material yang paling sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan objek adalah Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) dan Polylactic Acid (PLA). Kedua material tersebut dapat membentuk objek dengan menggunakan teknik printing Fused Deposition Modeling (FDM), teknik yang mengekstrusi filamen yang sebelumnya sudah dilelehkan terlebih dahulu.

Meskipun PLA dan ABS sering digunakan, tentunya tidak menutup kemungkinan jika menggunakan jenis material lainnya. Penggunaan berbagai jenis material, khususnya material lunak, akan menghasilkan objek dengan variasi karakteristik yang lebih luas. Keunggulan material lunak yang paling mencolok jika dibandingkan dengan kedua material tersebut adalah memiliki sifat fleksibilitas yang lebih baik.  Salah satu material yang menjanjikan untuk digunakan sebagai bahan baku 3D printing ini adalah silikon. Material silikon yang memiliki sifat fleksibilitas yang lebih baik dapat digunakan sebagai pembentuk organ tubuh buatan di bidang kesehatan ataupun sebagai bahan baku pembuatan soft robot dalam bidang robotika.

Penggunaan silikon sebagai material pembuatan objek tidak dapat dilakukan dengan printer FDM, karena hanya berlaku pada benda padat yang harus dilelehkan terlebih dahulu, sedangkan material silikon tidak memerlukan proses pelelehan. Untuk itu, penggunaan material silikon harus dilakukan dengan metode extrusion. Dalam penggunaan metode ini, perlu dirancang sebuah feeding mechanism berbasis syringe pump

Syringe pump adalah sebuah mekanisme yang mengatur laju aliran fluida yang berada dalam skala yang kecil, biasanya adalah alat sunti. Prinsip kerja dari syringe pump adalah dengan memberikan sinyal input yang kemudian akan dikonversikan untuk mengatur kecepatan putar pada motor. Motor tersebut akan menekan syringe sehingga fluida yang berada di dalamnya akan mengalami perubahan laju aliran. Syringe pump biasanya digunakan sebagai peralatan medis yang berfungsi untuk memasukkan obat yang berwujud cair ke dalam tubuh manusia secara otomatis dengan dosis tertentu. Namun dalam kasus ini, syringe pump digunakan untuk mendorong silikon keluar dari syringe.

Source Image: YouTube (https://www.youtube.com/results?search_query=3d+printing+silicone)

37
Readed
shareSharing is caring

THE 1st 3D MARKETPLACE AND COMMUNITY IN INDONESIA

Follow Us

Follow us and stay in touch to get the latest news

COPYRIGHT © IMAJIN 2019. ALL RIGHT RESERVED