Punya 3D Printer Ngga di Rumah?
Thursday, 8 August 2019 By Trie M Indrianty

Kalo ditanya punya printer ngga di rumah, kebanyakan orang pasti akan menjawab ‘punya dong’. Tapi kalo ditanya punya 3D printer ngga di rumah? Belum tentu jawabannya ‘punya’. Karena di Indonesia sendiri saat ini masih sedikit yang sadar akan manfaat dari 3D printer. 3D printer tidak hanya untuk orang-orang yang memiliki hobi membuat character figure atau memiliki jasa buat souvenir.

Sama halnya dengan printer kertas biasanya, 3D printer juga dapat memberikan manfaat untuk mencetak sesuatu yang kita butuhkan. Dengan memiliki 3D printer di rumah, kita dapat mencetak sendiri barang-barang rumah yang dapat digunakan seperti pengunci pintu, saringan wastafel, atau mainan untuk anak dan masih banyak lagi.

Perabotan rumah yang sudah rusak, ditambah suku cadangannya hilang bisa kita selamatkan dengan 3D printer. Buat suku cadang yang sesuai dengan perabotan, dengan begitu kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengganti perabot rumah. Pada saat hari raya kita tidak perlu repot lagi untuk mencari hiasan rumah, atau saat ada sanak keluarga yang ulang tahun kita bisa memberikan kado unik dengan mencetaknya sendiri menggunakan 3D printer.

Nah, meskipun penggunaan 3D printer membutuhkan pengetahuan khusus, saat ini tidak sulit untuk mempelajari cara penggunaannya. Kita bisa belajar secara online melalui tutorial yang ada atau mengikuti training tentang 3D printing. Untuk harga 3D printer sendiri bervariasi, untuk kita yang masih pemula sebaiknya menggunakan 3D printer dengan harga yang tidak terlalu mahal.

 

Image Source : Google Images
205
Readed
shareSharing is caring

THE 1st 3D MARKETPLACE AND COMMUNITY IN INDONESIA

COPYRIGHT © IMAJIN 2019. ALL RIGHT RESERVED