Hadapi Stres Dimasa Pandemi
Wednesday, 8 April 2020 By Trie M Indrianty

Cover

Novel COVID-19 terus berlangsung hingga saat ini. Sudah 211 negara yang terkena virus ini dan lebih dari satu juta orang yang positif, virus ini sudah ditetapkan sebagai pandemi sejak awal bulan Maret. Angka yang terus bertambah setiap harinya, membuat pemerintah setiap negara segera mengambil kebijakan untuk mencegah penyebaran virus yang lebih luas. Kebijakan pemerintah disetiap negara berbeda-beda, seperti di Italy, China dan Denmark sampai me-lockdown satu negara untuk mengurangi penyebaran virus. Sedangkan di Indonesia sendiri kita melakukan slow down dengan himbaun untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah, namun untuk beberapa kepentingan kita masih bisa keluar rumah.

Sudah hampir satu bulan kebanyakn perusahaan di Indonesia menerapkan sistem bekerja di rumah atau sering disebut WFH (work from home). Untuk kalian yang sudah menjalankan WFH selama 4 minggu terakhir ini, pastinya rasa jenuh sudah mulai menggerogoti keseharian kamu. Rasa jenuh ini bisa memicu kita mengalami stres.

Stres tentunya tidak baik untuk kesehatan fisik maupun mental kita. Untuk itu Imajin memberikan sedikit tips untuk kalian menghadapi stres dimasa pandemi ini.

Physical Distancing tapi tidak “Social Distancing”

Yang dimaksudkan “social distancing” pada konteks ini adalah meskipun secara fisik tidak bertemu namun dengan kecanggihan teknologi saat ini kita masih bisa terus bertemu atau bercengkrama secara virtual. Jalin terus tali silahturahmi dengan kerabat dan teman-teman dengan menelpon atau video call saat sedang bosan.

Kurangi Berita COVID-19

Tidak ada salahnya untuk tetap update tentang COVID-19, namun konsumsi berita tentang pandemi ini juga harus dibatasi. Luangkan waktu 30 menit hingga satu jam untuk mencari tahu berita tentang COVID-19. Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan melihat atau membaca berita tentang COVID-19 akan berdampak tidak baik untuk kesehatan mental kita. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa takut, keresahaan, marah dan sebagainya. Pastikan konsumsi berita yang kalian cari dari sumber-sumber terpercaya seperti di www.covid19.go.id/

Hobbies

Rutinitas Sehat Untuk Tubuh Dan Pikiran

Buatlah rutinitas baru setiap minggu-nya, variasi rutinitas sehat seperti berolah-raga, memasak, bebersih rumah, dan bermain merupakan kegiatan yang dapat membuat kalian less stress atau mengurangi stres. Variasi kegiatan dapat kalian buat dengan mudah, mengganti jadwal kegiatan setiap harinya. Contohnya seperti, hari Senin – Rabu di minggu ini akan digunakan untuk berolah-raga, sedangkan pada minggu berikutnya di hari yang sama akan digunakan untuk memasak.

Less Social Media, More New Hobbies

Memiliki banyak waktu di rumah, jangan hanya dihabiskan untuk social media saja, tapi bisa kamu isi dengan menemukan hobi baru yang bisa dilakukan. Seperti membuat DIY mudah dan menyenangkan, mengasah skill memasak, mulai menanam tumbuhan di rumah, atau merakit mesin DIY yang dapat berguna untuk membuat kebutuhan rumah. Jangan biarkan waktu kosong kamu hanya untuk duduk berdiam saja, hal tersebut dapat memicu kamu memikirkan hal-hal yang seharusnya tidak penting untuk dipikirkan. Hal-hal tersebutlah yang dapat memicu stres, untuk itu isi waktu kosong kamu dengan berkegiatan di rumah.

Semoga tips di atas dapat membantu. Jangan biarkan pandemi ini mengganggu kesehatan mental kita, dalam situasi seperti ini kita harus lebih aware terhadap kesehatan fisik maupun mental kita. Tetaplah di rumah agar kita tidak tertular atau menularkan virus ini dan tetap produktif berkegiatan di rumah agar kita terhindar dari stres. Stay safe.

348
Readed
shareSharing is caring

THE 1st 3D MARKETPLACE AND COMMUNITY IN INDONESIA

COPYRIGHT © IMAJIN 2020. ALL RIGHT RESERVED